Rangkaian Pengamanan Malam Takbiran di Lombok Barat, Polisi Kedepankan Cara Humanis

Pengamanan malam takbiran di Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Polres Lombok Barat melaksanakan pengamanan Malam Takbiran di Wilayahnya.

Dalam kegiatan pengamanan ini, Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK memimpin langsung kegiatan ini, Minggu (1/5/2022).

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku Kapolres Lombok Barat, mengucapkan selamat Idul Fitri, Minal aidin wal faizin,” ucapnya.

Terkait dengan pelaksanaan malam takbiran, malam hari ini, sesuai dengan apa yang telah Bupati Lombok Barat sampaikan.

“Bahwa awal kegiatan kita ini adalah kebersamaan dan kekompakan, dalam menghadapi momen kegiatan ini Kabupaten Lombok Barat ini,” ungkapnya.

Untuk kegiatan malam hari ini, bahwa masyarakat khususnya di Lombok Barat sudah dua tahun ini tidak melaksanakan kegiatan pawai takbiran.

“Karena situasi provinsi dan lain sebagainya sehingga tahun ini, bisa melaksanakannya dan patut kita syukuri,” imbuhnya.

Menurutnya kebijakan dari pada pemerintah, walaupun situasi masih dalam pandemi, masih bisa melaksanakannya di Lombok Barat.

“Kita patut disyukuri juga bahwa Kabupaten Lombok Barat saat ini sudah berada di level 1.

Sehingga pelaksanaan kegiatan masyarakat sudah berlangsung seperti biasanya termasuk kegiatan malam takbiran pada malam hari ini,” jelas Kapolres.

Merujuk dari surat edaran Bupati ada namanya pawai takbiran secara terpusat atau di kabupaten, maupun di kecamatan.

“Sehingga masyarakat kita di Kabupaten Lombok Barat, melaksanakan kegiatan takbiran atau pawai keliling berada di lingkungan masing-masing. Yang ada di desa ada di lingkungan, ada juga yang di masjid,” jelas Kapolres.

Menurut data yang berhasil mengumpulkannya, ada 30 desa yang akan melaksanakan pawai takbiran selalu melalui takbir keliling.
“Informasinya ada 32 Desa yang melaksanakan takbiran di dalam masjid, ini kami antisipasi dengan menempatkan personel pada titik-titik yang sudah kami siapkan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres menekankan kepada jajarannya, dalam melaksanakan pengamanan ini.
Sehingga masyarakat bisa melaksanakan kegiatan ibadah takbiran dengan aman, lancar tanpa gangguan atau tanpa konflik yang terjadi.

“Ini membutuhkan kerja sama kerja keras kita semua, karena antusias masyarakat kita yang akan melaksanakan malam takbiran tinggi,” katanya.
Ini berdasarkan dari hasil pantauan, bahwa sudah banyak Masyarakat di Kabupaten Lombok Barat yang antusias melaksanakan pawai takbiran.

“Tetap mengedepankan cara Humanis, dengan harapan pelaksanaan malam takbiran ini bisa tertib dan lancar,” imbuhnya.
Selain menempatkan personel pengamanan, Kapolres menegaskan bahwa Jajarannya mengerahkan tim Penerangan Keliling (Penling), untuk melakukan himbauan.

“Mengimbau masyarakat kita untuk melaksanakan kegiatan secara tertib. Harapannya dari rangkaian malam takbiran hingga kegiatan salat Idul Fitri di Lombok Barat dapat berjalan dengan baik,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *